4 Perbedaan Psikolog dan Psikiater : Kapan Harus Ke Psikiater Atau Psikolog ?

Konten [Buka]

Ada cukup banyak masyarakat yang belum tahu tentang apa beda Psikolog dan Psikiater serta kapan harus berkunjung ke psikolog atau psikiater. Psikiater adalah profesi dokter yang menempuh pendidikan bidang psikiatri, selanjutnya psikiater mendapatkan gelar spesialis kedokteran jiwa. Psikolog adalah profesional yang telah menempuh pendidikan magister profesi psikologi. Psikiater memberikan pengobatan kepada pasien menggunakan obat-obatan sedangkan psikolog tidak. Selain itu psikiater tidak melayani perihal seperti tes psikologi dan curhat tentang segala macam masalah kehidupan sehari-hari. Anda sebaiknya berkunjung ke psikolog untuk memperoleh layanan terkait hal tersebut.

perbedaan psikolog dan psikiater

4 Beda Psikolog dan Psikiater

Untuk lebih jelasnya berikut 4 perbedaan Psikolog dan Psikiater yang bisa diketahui

  1. Psikolog dan Psikiater menempuh pendidikan yang berbeda. Seorang psikolog adalah sarjana psikologi yang melanjutkan ke program S2 Magister Profesi Psikologi, berbeda dengan psikiater yang berada di fakultas kedokteran spesialis kedokteran jiwa. 
  2. Psikiater memberikan obat dan psikolog tidak. Antara psikolog dan psikiater sama-sama mendalami ilmu kejiwaan dan perkembangan manusia serta keduanya juga memiliki konsentrasi praktik yang sama, seperti penanganan, pencegahan, diagnosa, dan terapi. Namun profesi psikiater boleh memberikan terapi menggunakan obat sedangkan psikolog lebih fokus ke dinamika psikologisnya dengan memberikan terapi psikologi atau psikoterapi.
  3. Jika Anda membutuhkan layanan psikotes / tes psikologi seperti Tes IQ di Jogja atau Tes Minat Bakat di Jogja dan sejenisnya, maka psikolog mempunyai kompetensi tersebut. Sedangkan psikiater tidak karena lebih ke mendiagnosis gangguan mental yang dialami pasien, kemudian menentukan pengobatannya. Psikiater memberikan resep berupa obat, terapi stimulasi otak, pemeriksaan fisik, dan laboratorium.
  4. Apabila Anda ingin curhat tentang masalah pribadi, pekerjaan, pasangan dan keluarga maka silahkan datang ke psikolog, namun ketika butuh pengobatan menggunakan obat harus ke psikiater.

Sekalipun ada perbedaan psikolog dan psikiater seperti 4 point diatas namun antara psikolog dan psikiater seringkali bekerja sama untuk menangani pasiennya. Bahkan pada beragam kondisi tertentu, ada juga kasus pasien yang perlu berkonsultasi dengan kedua profesi tersebut.

Kapan ke Psikiater dan Kapan ke Psikolog?

Terkadang ketika seseorang sedang merasakan ada yang tidak nyaman pada dirinya, maka dia akan mencari sosok yang sangat dekat dengan dirinya serta dipercaya. Namun jika tidak maka maka sebaiknya dia setidaknya harus tahu siapa yang harus dia kunjungi, apakah psikiater atau psikolog.

Pada umumnya beberapa kondisi yang perlu untuk berkunjung ke psikiater adalah skizofrenia, depresi mayor, gangguan bipolar dan sejenisnya. Beberapa hal tesebut biasanya membutuhkan pengobatan dari psikiater.

Dan ketika seseorang merasakan sedih karena patah hati, sulit melupakan seseorang, sulit mengambil keputusan, konflik dengan pasangan atau keluarga, ingin merubah perilaku buruk, konsultasi psikologi anak dan sebagainya maka silahkan berkunjung ke praktek psikolog terdekat. Begitu juga apabila membutuhkan layanan psikotes atau tes psikologi maka hanya psikolog yang dapat menyediakannya.

Biaya Psikiater dan Psikolog

Biaya ke psikiater atau psikolog tentu berbeda tergantung dari setiap layanan yang dilakukan. Bahkan untuk psikolog saja menyediakan beragam layanan mulai dari konsultasi psikologi, tes psikologi dan terapi psikologi. Terlebih untuk psikotes atau tes psikologi juga menyediakan harga layanan yang beragam mulai dari Tes IQ, Tes Minat Bakat, Tes Kesiapan Sekolah, Test Potential Review, Tes Seleksi Karyawan, Tes Kepribadian dan lain sebagainya. Ada baiknya untuk menanyakan biaya layanan terlebih dahulu baik melalui telepon atau WhatsApp dengan customer service setempat.

psikiater jogja


Praktek Psikiater di Jogja

Praktek Psikiater di Jogja ada di beberapa tempat diantaranya RS GRHASIA, PKU Gamping dan beberapa rumah sakit lainnya. Anda dapat menemukan tempat praktek Psikiater Bantul, Psikiater Sleman, Psikiater Kulon Progo, Psikiater Gunungkidul dan sekitarnya dengan menghubungi rumah sakit terdekat.

Cukup penting untuk mengetahui apa saja perbedaan psikolog dan psikiater serta jangan pernah takut atau malu untuk meminta bantuan. Sekalipun Anda tidak membutuhkan layanan psikolog dan psikiater namun dengan mengetahui perbedaan antara psikolog dan psikiater maka dapat membantu orang lain yang membutuhkan informasi tentang layanan 2 profesi ini. Terlebih lagi layanan konseling dan konsultasi psikologi online secara daring saat ini sudah bisa dilakukan dari mana saja serta kapan saja.

Untuk informasi layanan psikologi berupa Tes Psikologi, Konsultasi Psikologi dan Terapi Psikologi silahkan menghubungi pusat layanan pelanggan Biro Psikologi Laksita Educare Yogyakarta melalui WhatsApp ke nomor 08170434500 atau klik icon customer service di samping kiri bawah layar Anda.


Terbaru
psikolog jogja
biro psikologi jogja