Perlu Konseling Psikolog Pernikahan Jogja? Kami Mitra Konsultasi Keluarga Terpercaya!

Konten [Tampil]

Hidup dalam pernikahan yang bahagia merupakan salah satu impian banyak orang, meski faktanya menikah adalah perkara yang tidak mudah, namun begitu banyak orang berjuang keras untuk mewujudkannya. Psikolog Pernikahan di Jogja telah begitu banyak menerima beragam keluhan dan berbagai dinamika dari sekian pasangan selama menjalani hidup rumah tangga bersama. Apalagi  konsultasi masalah rumah tangga bisa dilakukan secara online tanpa harus bertemu dengan psikolog atau konselor secara langsung untuk konseling pernikahan.

Para psikolog keluarga di Jogja sebagai mitra terbaik untuk konsultasi masalah rumah tangga sudah menangani cukup banyak rumah tangga yang mengalami pertikaian, terlebih terjadi pada pasangan yang baru menikah dan berusia muda. Bahkan tidak jarang juga masalah timbul pada pasangan yang telah puluhan tahun menjalani perkawinan. Terdapat begitu banyak persoalan yang merupakan pemicu adanya permasalahan di dalam kehidupan keluarga tersebut.

Pentingkah konsultasi masalah rumah tangga?

Menjalani hidup dalam pernikahan yang indah dan bahagia merupakan impian semua pasangan muda. Namun fakta memperlihatkan bahwa pada pasangan muda lebih banyak terjadi konflik yang diakibatkan belum terbentuknya komunikasi yang baik. Disamping itu munculnya beragan masalah pekerjaan rumah tangga, kondisi keuangan, bahkan orang ketiga juga begitu banyak menjadi penyebab.

Tidak jarang beragam permasalahan yang dapat dibilang cukup konyol bahkan menggelikan, ketika konflik timbul hanya karena sesuatu hal yang sangat sepele dan tidak penting. Ketika terjadi konflik umumnya akan hadir anggota keluarga atau teman terdekat untuk dimintai masukan. Namun sayang, tidak jarang bukannya masalah selesai dengan baik, justru malah semakin memperuncing keadaan.

Karena itulah maka peran dan hadirnya layanan konsultasi pernikahan bagi pasangan yang sedang memiliki permasalahan di dalam rumah tangga mereka. Kehadiran konselor atau psikolog pernikahan di Jogja merupakan pihak luar yang tepat sebagai mitra terdekat dalam rumah tangga untuk memperbaiki hubungan suami istri bahkan anggota keluarga. 

psikolog pernikahan jogja

Apakah harus bertemu langsung atau bisa konsultasi online?

Untuk mendapatkan layanan pendampingan konseling dari psikolog pernikahan, bisa dengan mendatangi langsung tempat praktek psikolog yang biasanya tersedia pada beberapa biro psikologi terdekat. 

Namun jika memiliki keterbatasan jarak dan waktu, maka konsultasi bisa dilakukan secara online untuk konseling pernikahan dan terapi psikologi. Konsultasi Psikologi Online bisa dilakukan menggunakan video call, chatting, voice note maupun email.

Apa Peran Psikolog Pernikahan Jogja Dalam Sebuah Keluarga?

Kehadiran pihak yang netral dan berpengalaman sangat penting ketika terjadi konflik dalam sebuah pernikahan, karena biasanya ketika pasangan suami istri sedang dikuasai amarah, mereka cenderung tidak akan mampu menyelesaikan masalah dan menemukan solusi terbaik. Yang terjadi justru pasangan tersebut akan selalu berdebat karena masing-masing merasa paling benar sehingga sulit menghasilkan jalan tengah terbaik. Peran konselor atau psikolog rumah tangga di Jogja yang hadir dalam rumah tangga sebagai pihak luar yang netral, akan membantu mempermudah bagaimana mengurai akar masalah yang terjadi secara objektif.

Terkadang harapan dan impian memang bisa berbeda dengan kenyataan, begitu pula dalam sebuah pernikahan tak jarang bukanlah perkara mudah untuk dijalani. Perlu beragam persiapan matang terlebih dahuhu, salah satunya adalah mengunjungi psikolog pernikahan bagi pasangan yang membutuhkan konseling rumah tangga.

Untuk memperoleh layanan konsultasi masalah rumah tangga, psikolog pernikahan sudah dapat dijumpai di tiap-tiap daerah termasuk psikolog pernikahan Jogja.

Berapa biaya konsultasi psikolog pernikahan?

Biaya konsultasi dengan konselor dan psikolog pernikahan di Jogja mulai dari Rp 150.000 dan terhitung pro rata untuk setiap pembulatan menit berikutnya. Biaya ini belum termasuk untuk terapi psikologi yang bermanfaat untuk membuang keluhan dan trauma psikologis yang mungkin saja dialami dan apabila memang diperlukan.

Kapan psikolog pernikahan dibutuhkan kehadirannya?

Apakah penting melakukan konsultasi masalah rumah tangga dalam sebuah pernikahan? Nah, psikolog pernikahan adalah sebuah konseling yang bisa dilakukan sebelum pernikahan ataupun setelah pernikahan.

Kehadiran dari psikolog pernikahan untuk melakukan konsultasi masalah rumah tangga memiliki banyak manfaat diantaranya dapat menyatukan pandangan, memiliki tujuan yang sama, dan menjauhkan dari segala hal buruk yang dapat menyerang ikatan pernikahan seperti perceraian, pertengkaran dasyat, dan lain sebagainya.

5 Kondisi Rumah Tangga Membutuhkan Psikolog Pernikahan Jogja

Bagaimana pertanda sebuah rumah tangga yang membutuhkan kehadiran psikolog pernikahan? Berikut dibawah ini merupakan beberapa macam kondisi pernikahan yang menyarankan Anda serta pasangan untuk menemui psikolog pernikahan, khususnya psikolog pernikahan jogja bagi pasangan suami-istri yang tinggal di daerah Yogyakarta.

1. Kualitas komunikasi makin memburuk

Sebenarnya cukup wajar jika dalam setiap pernikahan selalu dibumbui dengan yang namanya masalah, termasuk komunikasi yang sudah mengarah ke hal negatif. Namun ketika komunikasi telah berada pada kualitas yang buruk, maka semua hal yang benar pun akan terdengar salah, seperti ketika berbicara dengan nada yang keras sekalipun bertujuan baik.

Tentunya hal seperti ini sudah saatnya membutuhkan konseling pernikahan. Karena itu mengunjungi psikolog konseling pernikahan secepat mungkin sebelum masalah tersebut masuk ke dalam ranah yang lebih serius.

2. Terpikir untuk berpisah

Ada cukup banyak rumah tangga yang memiliki masalah kemudian memutuskan untuk berpisah, sedangkan sebenarnya itu bukanlah sebuah pilihan terbaik. Pada saat keinginan untuk berpisah terasa begitu kuat, maka cobalah untuk menyelesaikan dengan cara mengambil jeda waktu yang cukup untuk menemukan jalan keluar. Salah satunya adalah yaitu melakukan konseling pernikahan dengan menghubungi psikolog pernikahan terpercaya.

Jangan terus menghindar dari konflik, karena hal tersenut tidak akan menyelesaikan masalah serta tidak akan menyelamatkan pernikahan Anda.

3. Cuman sekedar status

Ternyata ada cukup banyak pasangan dengan pernikahan yang mereka jalani, akhirnya berakhir pada sebatas status suami istri yang tinggal serumah saja tanpa adanya komunikasi. Bila ini sudah terjadi, maka pasangan tersebut sudah seharusnya menemui psikolog  pernikahan Jogja atau layanan konseling pernikahan berpengalaman yang terdekat.

Suami istri yang tinggal serumah tanpa adanya komunikasi, mungkin awalnya tidak terlihat bermasalah. Namun cepat atau lambat akan merasakan kejenuhan terhadap kondisi tersebut yang mengakibatkan terciptanya jurang pemisah yang perlahan-lahan melebar seiring dengan berjalannya waktu. Akhir yang paling tidak baik dari kejenuhan tersebut akan berujung pada perpisahan dan perceraian. Sebelum hal tersebut terjadi, secepatnya perbaiki kondisi dan komunikasi antara suami istri dengan melakukan konseling pernikahan.

4. Mempertahankan pernikahan karena anak

Dalam konflik yang terjadi pada sebagian keluarga, ternyata anak tidaklah menjadi jaminan kebahagiaan dalam rumah tangga tersebut. Terkadang ada pasangan suami istri yang mempertahankan pernikahan mereka dengan alasan anak.

Sebuah pernikahan pada kondisi tersebut akan berdampak cukup buruk pada anak-anak. Sekalipun dampak tidak terlihat secara langsung, namun ketika anak beranjak dewasa dia pasti akan mengetahui kalau rumah tangga orang tuanya tidak baik-baik saja selama ini. Dengan melakukan konseling pernikahan, maka suami istri akan memiliki kesempatan untuk berfikir positif untuk mengakhiri berbagai prahara dalam rumah tangga mereka.

5. Pasangan berselingkuh

Selingkuh dalam sebuah hubungan bukanlah hal yang mudah untuk diterima, apalagi dalam sebuah hubungan pernikahan. Walaupun sulit untuk dimaafkan, namun sebaiknya hal tersebut bukanlah menjadi satu-satunya alasan untuk mengambil tindakan akhir seperti berpisah.

Upayakan berbegai usaha terlebih dahulu salah satunya dengan cara mendatangi psikolog pernikahan Jogja sembari menyadari kesalahan-kesalahan apa saja yang butuh untuk diperbaiki.

Ketika masalah ini terjadi, jangan sampai memberi kesempatan kepada orang lain untuk memasuki rumah tangga disaat hubungan suami istri sedang memburuk. Tidak jarang ada pihak-pihak yang memang senang ketika memperoleh kesempatan pada saat terjadi keributan yang berujung perpisahan dan itulah yang mereka harapkan.

Rasa sakit karena pasangan yang selingkuh memang sulit dihilangkan, namun dengan terapi psikologi dari psikolog pernikahan Jogja, maka membuang rasa sakit menjadi lebih mungkin untuk dilakukan.

Berikut diatas merupakan beberapa pertanda sebuah rumah tangga membutuhkan kehadiran psikolog pernikahan. Ketika salah satu dari pertanda diatas terjadi, maka hal tersebut menujukkan bahwa rumah tangga sedang tidak baik-baik saja. 

Dimana Rekomendasi Psikolog Pernikahan di Jogja?

Bagi pasangan suami istri yang menetap di Jogja, saat ini sudah sangat banyak psikolog pernikahan jogja yang bisa anda datangi dan meminta bantuannya untuk menyelesaikan masalah rumah tangga anda. Salah satunya adalah psikolog pernikahan dari Biro Psikologi Jogja Laksita Educare dengan menghubungi melalui WhatsApp ke nomor 08170434500. 

Dapatkan informasi mengenai beragam layanan psikologi mulai dari konsultasi psikolog anak & remaja, tes minat bakat, tes kecerdasan, serta terapi psikologi untuk membuang trauma dan sebagainya.

psikolog jogja