Adakah Psikolog Anak Jogja Untuk Balita Remaja dan Dewasa? Disini Tempatnya!

Konten [Tampil]

Tahukah Anda mengenai apa itu ruang lingkup dari psikolog anak? Psikolog untuk anak dan remaja merupakan sebuah profesi yang berperan dalam mencegah, mendiagnosis, serta melakukan pemulihan dari masalah psikologis dan gangguan kesehatan mental dan perilaku pada anak-anak dan remaja. 

Para psikolog yang mengkhususkan diri dalam menangani anak dan remaja pada umumnya lebih dikenal sebagai psikolog anak, mereka melakukan evaluasi kesehatan mental dan menggunakan terapi wicara serta metode lain dalam dalam memberikan pendampingan psikologi.

Bahkan tidak hanya terbatas pada psikologi anak dan remaja namun juga kepada para kaum muda guna mengatasi masalah kesehatan mental dan tantangan emosional yang mereka alami.

Bagaimana Peran Pendampingan Psikolog Anak dan Remaja di Jogja?

Psikologi anak adalah salah satu dari bidang yang memuat tentang perkembangan mental, emosional serta perilaku anak. Ketika para orang tua mengetahui dan memahaminya, maka hal tersebut akan mampu mempererat hubungan dengan anak. Disinilah peran psikolog anak dan remaja untuk memberikan bantuan dan pendampingan bagi para orang tua sehingga mereka diharapkan mampu untuk menmbangun hubungan yang erat dan harmonis bersama anak-anak.

Pemahaman orang tua terhadap psikologi anak akan memberikan pengaruh dalam pembentukan kepribadian anak sebelum mereka beranjak dewasa. Dan ternyata hal ini juga juga akan memengaruhi perkembangan fisik, kognitif, emosional dan sosial bagi anak dan remaja.

Apabila putra-putri Anda usia balita hingga remaja memiliki masalah psikologis, berikut rekomendasi Psikolog Anak Jogja yang mungkin dapat membantu. 

psikolog anak jogja dan remaja

Rekomendasi Psikolog Anak Jogja Dalam Membantu Kesehatan Mental

Tidak jauh beda dengan kondisi fisik, maka kesehatan mental juga sama penting untuk diperhatikan dan dikelola. Tidak hanya orang dewasa saja yang membutuhkan hal ini, namun juga anak-anak juga remaja. Mereka dapat saja mengalami tekanan, stres, depresi, kecanduan, dan juga gangguan perilaku serta perkembangan lainnya. Apabila merasa bahwa anak Anda sedang dalam keadaan seperti tersebut, maka sudah saatnya dibutuhkan peran seorang psikolog anak dan remaja untuk melakukan konsultasi.

Di Yogyakarta anda bisa mengunjungi tempat praktik Psikolog Anak Jogja yang nantinya akan mendiagnosis serta menangani masalah kesehatan mental yang dialami oleh anak dan remaja guna mencegah kondisinya menjadi lebih tidak baik. Para psikolog anak ini juga nantinya akan memberikan konseling bahkan terapi untuk anak jika dibutuhkan.

Bagaimana mengetahui permasalahan psikologi anak?

Sangat penting bagi para orang tua dalam mengetahui cara terbaik dalam memahami psikologi anak mereka. Anda dapat menemukan tips dari Psikolog Anak Jogja untuk menjawab hal ini.

1. Melakukan Observasi

Langkah pertama ini merupakan tahap penting karena adalah sebuah kunci penting dalam memahami psikologi anak Anda. Melakukan observasi dilakukan untuk mengenali diri anak dengan baik.

Anda bisa dengan memulai melakukan pengamatan pada anak ketika beraktifitas, bermain, meminta sesuatu, bagaimana mereka bereaksi pada sebuah situasi, interaksi mereka dengan orang lain, serta lainnya. Dengan begini maka orang tua akan lebih dapat mengenal banyak hal mengenai kepribadian anak secara keseluruhan melalui cara ini.

Melalui masa observasi ini juga orang tua dapat mulai memberikan respon terhadap pemahaman tersebut. Lakukan dukungan terhadap hal-hal positif yang mereka sukai, bagaimana mereka bertindak, dan berbagai kegiatan lainnya. Setiap anak dan remaja mempunyai hal-hal unik dan spesifik dalam diri mereka, karena itu jangan mencoba untuk membandingkannya dengan anak-anak yang lain.

2. Memberikan penghargaan pada anak

Pada umumnya setiap anak pasti akan terlihat senang pada saat orang tua memujinya, walaupun pujian sederhana dalam hal apapun yang mereka lakukan. Hal tersebut akan menjadikan mereka merasa dihargai oleh orang yang dekat dengan dirinya.

Yang perlu diperhatikan dalam memberikan penghargaan, pastikan Anda memuji mereka atas apa yang sudah ia benar-benar lakukan. Serta jangan memberikan pujian dengan cara berlebihan. Karena itu dapat membuatnya menjadi seorang pribadi yang haus akan pujian dan menjadi tinggi hati.

Memberi pujian dan menghargai anak, akan membangun hubungan yang kebih dekat dan baik dengan orang tua. Dengan begitu akan memudahkan orang tua dalam memahami anak-anak mulai dari balita hingga remaja.

3. Menjadi pendengar yang baik

Sebuah hubungan yang baik salah satunya ditentukan dari kualitas dalam membangun komunikasi, walaupun tidak selamanya harus dengan cara berbicara, namun ada saatnya bagi orang tua untuk mendengarkan. Lakukan hal ini juga ketika Anda menjalani komunikasi dengan anak. Selalu perhatikan setiap perkataan dan isyarat non-verbal yang anak gunakan, karena mereka mungkin belum dapat sepenuhnya menyampaikan maksud keinginannya.

Amati pula intonasi, ekspresi serta bahasa tubuh yang anak Anda gunakan. Orang tua akan mampu mengetahui dan mengukur perasaan juga emosi anak dari itu. Orang tua tidak sekedar harus mendengarkan, namuin juga perlu memberi tahu atau masukan untuk anak. Dengan begitu maka akan menjadi bukti bahwa mereka telah didengarkan juga diperlakukan secara serius.

4. Biarkan anak mengekspresikan diri mereka

Sebagai orang tua tidak perlu terlalu membatasi anak tentang bagaimana cara mereka mengekspresikan perasaan. Terlebih anak Anda mempunyai beragam cara dalam mengekspresikan diri mereka. Ada anak yang melakukan berupa perkataan, atau melalui kegiatan seperti menggambar atau sebuah permainan yang mereka sukai.

Berikan dorongan pada anak untuk terus mengasah kemampuan mereka dari hal-hal yang mereka lakukan dalam mengekspresikan diri. Jika perlu ajaklah mereka untuk Tes Minat Bakat di Jogja untuk mengetahui potensi yang mereka miliki.

Dimana Tempat Praktek Psikolog Anak di Jogja?

Untuk Anda yang membutuhkan layanan untuk pendampingan dari Psikolog Anak Jogja berupa konsultasi psikologi secara online maupun onsite, ataupun psikotes seperti Tes IQ di Jogja, Tes Minat Bakat, Tes Kesiapan Sekolah dan lain sebagainya, silahkan hubungi Biro Psikologi Jogja Laksita Educare melalui WhatsApp di 08170434500.

psikolog jogja