Test Potential Review Psikolog Jogja, Untuk Apa?

Konten [Tampil]

Manfaat dan Tujuan Tes Potensial Review Psikolog- Test Potential Review merupakan psikotes dari Biro Psikolog Jogja Laksita Educare yang memiliki tujuan untuk mengetahui potensi dasar dari setiap individu untuk disesuaikan dengan bidang pekerjaannya. Seperti halnya dalam menghadapi era revolusi 4.0 yang ada di depan mata sekarang ini. Hal ini menjadikan banyak orang hingga industri yang membutuhkan manfaat dari tes potensial review psikolog ini.

Manfaat Test Potential Review

Manfaat test potential review yang paling utama adalah sebagai salah satu cara yang digunakan untuk mengetahui potensi yang kita miliki. Tentang bagaimana cara mengembangkan potensi tersebut, hingga profesi atau pekerjaan apa yang sesuai untuknya. Tentunya ini akan sangat membantu seseorang yang akan atau sedang mencari pekerjaan yang sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Tidak jarang seseorang dalam mencari pekerjaan atau telah menjalani pekerjaan mengalami kegagalan. Ternyata hal ini salah satunya dikarenakan mereka tersebut mencari atau menjalani pekerjaan yang tidak sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Ketika gagal menjalani tes seleksi karyawan sebenarnya bukan dikarenakan karena kemampuannya rendah. Namun lebih disebabkan potensi dasarnya tidak sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan, padahal sebenarnya dalam tes tersebut dia memiliki potensi yang sangat baik di bidang lainnya.

Begitu juga pada karyawan yang merasakan kesulitan dalam bidang pekerjaannya saat ini, kemungkinan karena dia sebenarnya memiliki potensi yang lebih baik pada bidang lainnya. Karena pada dasarnya tidak ada orang yang tidak bisa bekerja. Namun yang ada hanyalah orang yang bekerja di tempat yang tidak sesuai dengan potensi dasarnya.

tes potensial review

Manfaat Test Potential Review dalam Organisasi atau Perusahaan

Setiap perusahaan atau organisasi tentu ingin memiliki SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas serta kompeten di bidang kerjanya. Tentu saja ini akan menentukan kemajuan bisnis suatu perusahaan juga meningkatkan kinerja dari sebuah instansi. Mengelola SDM dalam sebuah organisasi dan perusahaan perlu dilakukan secaraserius dan berkelanjutan. Manfaat yang bisa diperoleh dalam mengelola SDM bisa untuk berbagai keperluan. Seperti mutasi, promosi, pindah jabatan ataupun terminasi serta kebutuhan pengembangan lain terkait pengolahan SDM

Tujuan dari Test Potential Review untuk perusahaan ini adalah untuk meninjau ulang berbagai potensi yang berkembang dalam diri karyawan saat ini. Dalam masa kerja beberapa tahun ke belakang setiap karyawan tentunya mengalami proses pembelajaran yang berbeda satu dengan lainnya. Dengan begitu akan menjadikan strength dan weakness yang dimiliki sekarangpun menjadi berbeda. Karena itu sebaiknya diperlukan untuk melakukan Potential and Competency Review supaya nantinya penempatannya bisa disesuaikan.

Dengan melakukan tes potensial review ini maka potret SDM dalam sebuah perusahaan atau organisasi secara menyeluruh akan terlihat. Beberapa aspek dari SDM yang bisa diungkap antara lain kemampuan, kepribadian, polakerja, dan lain sebagainya. Ini dikarenakan potential review yang dilakukan yaitu untuk mengetahui potensi diri masing-masing peserta. Tes potensial review disajikan berupa tes tulis, wawancara dan talents mapping yang semuanya dilakukan dalam bentuk psikotes.

Test Potential Review dilakukan bersifat kuantitatif dan kualitatif menggunakan alat psikotes yang valid dan reliable serta didukung oleh psikolog yang memiliki SIPP dari HIMPSI dan telah memiliki pengalaman psikolog Jogja yang cukup berpengalaman.

test potential review

Metode Tes Potensial Review Psikolog

Psikotes ini dapat menggunakan beberapa alat tes psikologi sesuai dengan tujuan ukur yang meliputi tes kemampuan umum dan khusus, tes kepribadian, tes pola kerja dan tes gaya kepemimpinan. Beberapa hal yang bisa diterapkan dalam dunia kerja setelah melakukan Test Potential Review ini antara lain :

  • Mengetahui kompetensi karyawan/pagawai berupa aspek kemampuan, kepribadian, pola kerja dan gaya kepemimpinan.
  • Mengetahui kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh SDM untuk arah pengembangan.
  • Membantu pemetaan dan perencaan SDM untuk berbagai keperluan, antara lain mutasi, pindah jabatan, promosi, demosi, terminasi, program pelatihan, dan lain sebagainya.
  • Saran serta rekomendasi untuk perbaikan atau pengembangan SDM selanjutnya
  • Dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada .

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Test Potential Review Psikolog terkait biaya dan jadwal layanan lain seperti konsultasi psikologi atau psikoterapi silahkan menghubungi Biro Psikologi Jogja Laksita Educare melalui WhatsApp di 08170434500.

psikolog jogja