Pentingkah Tes Kesiapan Sekolah Masuk SD? Berikut Biaya dan Tempat Yang Bisa Online!

Konten [Tampil]

Tes Kesiapan Masuk Sekolah Dasar adalah psikotes yang dapat membantu untuk mengetahui kesiapan anak untuk masuk Sekolah Dasar walaupun usianya belum genap 6 tahun. Tes kesiapan sekolah ini dilaksanakan secara online maupun onsite dengan waktu sekitar 60 sampai 90 menit bergantung pada sikap kerja anak.

Dalam tes kesiapan sekolah ini, bukan hanya berupa tes menjawab pertanyaan, namun juga juga observasi dari sisi kematangan secara menyeluruh, bagaimana anak memahami instruksi, kemampuan berkomunikasi, kemandirian, motorik, sampai wawancara dengan orangtua.

Apa saja yang bisa diketahui dengan Tes Masuk SD?

Tingkat kematangan anak untuk masuk ke Sekolah Dasar perlu diketahui secara menyeluruh termasuk :

  • Kemampuan kognitif seperti mengenal fungsi benda-benda, berpikir sebab akibat.
  • Kemampuan bahasa berupa memahami instruksi, menjawab pertanyaan dan bercerita.
  • Kemampuan motorik kasar seperti duduk tegak, melompat.
  • Kemampuan motorik halus seperti koordinasi mata tangan, menggunting, menggambar orang.
  • Kemampuan sosial emosional seperti berinteraksi dengan teman, mengikuti aturan, kontrol emosi, dan kemandirian.

Sudah sekian waktu sebagian sekolah telah menjadikan tes kesiapan sekolah sebagai salah satu rangkaian dalam proses seleksi calon siswa baru. Dalam proses menerimaan siswa SD dan seleksi bagi anak yang usianya dibawah ketentuan ini, ada yang langsung dari sekolah tersebut, ada yang merujuk ke biro psikologi dan memperoleh surat rekomendasi psikolog profesional.

tes kesiapan masuk sd

Apa Manfaat dan Tujuan Tes Kesiapan Sekolah Masuk SD?

Untuk mengikuti rangkaian pelajaran tingkat sekolah dasar, sesungguhnya kemampuan psikologis yang diperlukan anak belumlah terlalu rumit. Pada dasarnya jika anak sudah berada pada usia yang cukup maka secara psikologis mereka sudah memiliki kemampuan dan keinginan untuk eksplorasi lingkungan yang lebih luas dan kesadaran untuk mematuhi peraturan sekolah.

Selain hal tersebut, jika anak sudah terbiasa dengan kegiatan belajar serta telah memperlihatkan minat bakat dalam mempelajari berbagai hal baru, maka hal tersebut juga bisa dijadikan salah satu tanda kalau anak siap untuk mengikuti kegiatan belajar. Namun jika sebaliknya ketika anak masih belum menunjukkan keinginan untuk belajar maka akan memperlihatkan hal yang berbeda.

Surat Keterangan Psikolog Untuk Rekomendasi Masuk SD Untuk Apa?

Menjalani tes kesiapan masuk sekolah perlu dilakukan bagi anak dengan usia dibawah ketentuan dan untuk memperoleh surat keterangan psikolog untuk rekomendasi masuk SD.

Dalam proses tes kesiapan masuk Sekolah Dasar akan dilakukan pengukuran kesiapan dan kematangan anak dengan memperhatikan beberapa faktor sebagai berikut :

  • Beberapa Aspek Mental
  • Pengamatan bentuk dan kemampuan membedakan
  • Pengertian tentang besar jumlah dan perbandingan
  • Ketajaman pengamatan
  • Konsentrasi
  • Daya ingat
  • Pengertian tentang objek dan penilaian terhadap situasi
  • Memahami cerita dan gambar

Apabila dalam hasil tes kesiapan sekolah tersebut menunjukkan bahwa siswa memenuhi tingkat kematangan dari semua faktor tersebut, maka anak dinyatakan sudah siap untuk masuk ke sekolah dasar sekalipun usianya masih dibawah ketentuan batas minimal umur.

Hasil tes kesiapan masuk sekolah dasar akan diberikan berupa pelaporan hasil pemeriksaan psikologi (HPP) dan sebuah keterangan berupa surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD.

Berapa Biaya Tes Kesiapan Sekolah Masuk SD?

Biaya untuk melakukan Tes Kesiapan Masuk SD ini cukup beragam, bergantung pada seberapa lengkap asesmen yang dilakukan, juga tergantung pada ketetapan tarif dari setiap biro psikologi yang dituju.

Di Biro Psikologi Yogyakarta Laksita Educare yang didampingi oleh psikolog anak jogja terdekat, biaya tes kesiapan masuk SD (Sekolah Dasar) adalah Rp 350.000 untuk tatap muka secara langsung (onsite)  dan Rp 450.000 untuk tes online.

Dalam melaksanakan tes kesiapan sekolah tidak hanya dilakukan psikotes dengan pada anak saja, namun juga akan melakukan wawancara dan konseling dengan orang tua anak tersebut.

Tes Kesiapan Masuk Sekolah Dasar diberikan meliputi :

  1. Test Kematangan Masuk Sekolah
  2. Tes Kecerdasan Anak / Tes IQ
  3. Konseling orangtua

Dimana rekomendasi tempat tes kesiapan masuk Sekolah Dasar terdekat?

Dalam pelaksanaan Tes Kesiapan Masuk SD guna mendapatkan surat keterangan psikolog dapat dilakukan secara online dan juga secara langsung di tempat atau onsite.

Tes Kesiapan Sekolah Onsite

Pelaksanaan tes kesiapan sekolah secara onsite atau langsung akan dilaksanakan di kantor Biro Psikologi Jogja LAKSITA EDUCARE yang beralamat di Jl. Wates Km.12 Sedayu Bantul Yogyakarta atau kunjungan tim psikologi ke sekolah setempat.

Tes Kesiapan Sekolah Online

Untuk tes kesiapan sekolah online maka bisa juga sesuai dengan kesepakatan waktu. Psikotes online ini dilakukan dengan menggunakan video call melalui WhatsApp atau Google Meet, dengan begitu tidak ada lagi batasan jarak untuk melakukan layanan Tes Kesiapan Masuk Sekolah Dasar dan mendapatkan surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD.

Untuk memperoleh informasi mengenai biaya dan jadwal Tes Kesiapan Masuk SD dapat langsung melakukan konfirmasi melalui Whatsapp ke nomor 08170434500.

psikolog jogja